suzuki nex,,, ringan,nyaman dan powerfull

Posted: 15 September 2012 in Uncategorized

assalamualaikum….

alhamdulillah ,,setelah sekian lama absen ngeblog,akhirnya dapat kesempatan ngeblog lagi meskipun melalui laptop pinjaman :mrgreen:

kali ini saya akan memberi sedikit review tentang matic pertama saya dari suzuki.

pada tgl 31 agustus kemarin saya datangi beres suzuki ijmg baru di daerah dalung untuk sekedar lihat2..

tapi jauh2 sebelumnya saya sudah ada niat membeli matic ini.. langsung saja saya tanya harga pada salesnya, dia bilang, kalau masnya ambil sekarang dapet subsidi 1,2jt plus hp blackberry.. hmmm rupanya tawaran itu tidak membuat saya kepincut wkwkwk orang saya berniat beli motornya dan sebagai present untuk hari ulang tahun saya esok harinya *biar mudah di ingat*..juga sbagai kendaraan operasional istri saya.. ya wiss langsung bungkuss..

yah waktu itu saya anggap kebetulan dan keberuntungan,,,dan hp bb sukses saya jual murah :mrgreen:

Gambarnex putih

 

oke,,langsung saja

1.posisi berkendara.

matic ini sangat sesuai dengan postur tubuh saya,

jarak antara jog ke stang maupun jarak dari jog ke tanah begitu pas.

istilah lain segitiga ergonomi cocok dengan tubuh saya seolah2 motor ini pesanan saya 😆

tidak bikin pegal2 di punggung maupun lengan.

bisa saya bayangkan kalau buat touring antar kota bakal lebih menyenangkan karena kenyamanannya.

jog matic ini empuk..suspensi juga empuk..bokong jadi adem..

lutut juga selamat dari hantaman rak botol minuman …meskipun duduk di ujung jog skalipun..

 

2.handling dan rem.

wah ,,motor ini sangat ringan, bisa diangkat pakai satu tangan saat menggeser di parkiran 😆

stang begitu ringan buat belok2,,body ringan buat manuver cepat ,,tanpa masalah..

pokoknya nurut saja saat buat meliuk liuk *jangan di buat ngalay ya* 

untuk rem,, sangat pakem,, jian plek seperti motor2 yamaha yg pakem2 remnya..teringat jupiter dan mio saya dulu ….

buat stoppie encessss..meskipun saya tidak berani melakukannya…

 

3.suspensi

nah ini…dalam sejarah motor saya..matic ini yg paling empuk suspensinya..buat lewat jalan batako/paving yang tidak rata bisa dirasakan dengan mulusss.. seolah olah naik sedan..

buat nerjang gundukan2 kecil maupun yang extreme juga nyaman bantingan shocknya..

jangan sampai pulas lhoo,, :mrgreen:

 

4.power/tenaga.

dalam hal ini,, saya cuma bisa geleng2 kepala.

bagaimana tidak,,matic ini powernya termasuk luar biasa..

untuk jalan 0-100kpj begitu mudah di gapai,.

saya tadinya tidak berharap matic ini bisa lebih dari 100kpj..

waktu di bypass di track lurus kemarin saya test bisa sampai 110kpj dan herannya lagi itu belum mentok/belum maksimal.. 

lari segitu sudah menyalip macam2 motor yg pada gasfull,sbagian ada sport 150cc yg tadinya jadi leader dan akhirnya ikut kesalip juga  *jangan buat sruntulan ya*

#test ini bukan buat balap,,tapi skedar ingin mengetahui kemampuannya..

bagi saya pribadi,power matic cukup memuaskan,,,malah melebihi harapan saya..

suara mesin matic ini halus banget,,,seperti ada nozz saat buat stabel di 90kpj..

cm saat 0-40kpj ada suara sperti siulan di area filter udara diatas cvt..

untuk bbm saya tidak tahu pastinya berapa kpl,,,,,yg saya rasakan matic ini paling irit yg pernah saya punya…

munkin karena berat saya ringan dan motor ringan juga kali ya..

5.kualitas body

sekilaas matic ini cm berwarna putih biasa, tapi ssetelah di lihat lbih detil ternyata ada glitter/blink2 bisa flickering di bawah cahaya sinar matahari,,sama seperti titan sya,,kualitasnya ok..

begitu juga body dek hitamnya,, terlihat rigid/solid …kalau orang jawa bilang pengkoh..

 

untuk design itu menurut selera ya,,, ada yg bilang jelek wagu keren culun dll itu hak mereka..

dlm hal ini saya angkat tangan,,…..

pesan saya

**motor yang terbaik adalah motor yg kamu miliki saat ini**

 

kelemahan motor ini menurut saya

1 .tidak ada secure key shutter

2. tidak ada side stand switch

 

sudah itu saja bagi saya,,karena selebihnya matic ini perfect

Gambardari belakang samping

 

Gambar

dari belakang titan gak kalah kinclong

 

 

 

Gambar

3 saudara ..yg satu ndelik

 

 

Gambar

dari belakang

kesimpulan..

matic ini sangat nyaman di kendarai, rem pakem, ringan, power besar cukup jadi poin plus bagi yg sedang galau dengan matic entry level..

saya pilih suzuki bukan karena tanpa alasan.,,,karena saya juga punya suzuki titan yg sudah menginjak 21bulan dan sudah mengaspal denpasar-magelang 10x pp dengan metode geber abisss,,,,,bahkan menjadi rekor dalam hidup saya yaitu motor tersibuk buat speed touring jawa-bali…..body yg awet kinclong anti getar, mesin tangguh dan tidak pernah rewel menjadi sebab saya pilih merk ini..

ada pertanyaan tentang matic ini? mungkin saya bisa bantu jwb semampu saya

akhir kata, wassalamualaikum 🙂

Komentar
  1. Maskur berkata:

    wah
    yen ora mbok review ora ngerti aku yen NEx kuwi jozzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz
    sip

  2. Maskur berkata:

    Reblogged this on Learning To Live and commented:
    Kalo tidak ada yang mereview seperti Bro Fajar Arifianto, saya tidak akan tahu bahwa Suzuki Nex itu mempunyai kelebihan-kelebihan yang mengungguli motor lain yang sejenis. Sayang yang punya barangpun tidak pernah gembar-gembor kelebihannya, misalnya dengan test komparasi. Apa mau seperti itu seterusnya, mengharapkan review dari pemakai. Padahal sudah tahu nama Suzuki tidak seharum dahulu, orang kebanyakan makin tidak kenal dengan produknya. Kalo tidak rajin promosi ya percuma saja, emang niat membangkrutkan diri.

  3. ochimkediri berkata:

    wiiih keluarga suzuki nih…. 😀
    titannya kinclong banget gan……

  4. kacer berkata:

    Saya sampai saat ini masih penasaran antara dua matic yaitu nex dengan beat. Dua matic ini punya ke identikan.
    Pertama dari ukuran body yang sama-sama imut. Kemudian posisi cakram depan. Posisi lampu utama. Posisi pijakan kaki penumpang.
    Oke bagian itu mungkin cuma kebetulan saja, tapi sekarang lihat pada bagian mesin. Bagian knalpot, rancang bangunnya sangat mirip, lekuk pipa knalpot sampai bentuk dan sudut penempatan silencernya juga identik.
    Dan di sisi kiri perhatikan baut penutup jalur in-out pelumas gearnya, sama persis bro…

    Dari kesamaan-kesamaan diatas yang bikin saya penasaran apakah nex ini ada kerjasama dengan pembuat beat?

    Yah mungkin mirip di roda empat antara kesamaan hijet dengan jetstar, antara colt t120ss dengan carry futura, dan juga APV dan Maven.

  5. yogie berkata:

    mantab gan gw juga punya skywave asik deh pokoknya. dengan akselerasi sedahsyat itu cocok nggk buat wanita gan. mau juga buat adik.

  6. Dr.Feelgood berkata:

    muantap banget gan, suzuki pancen jos, shogunku juga no problemo geber abis2an xixixi, cat kinclong terus walo udah mau 5tahun juga hahahah. 😀

  7. rahmatt berkata:

    Thanks reviewnya Bro. Jadi bahan pertimbangan nih. Hehehe

  8. omanfaqod berkata:

    saya cenderung sportnya suzuki, thunder 😀

  9. Aji berkata:

    Me macari nex sejak peb’2012. Ringan & mesin oke, tarikan memang mantap. cuma mekanik beresnya PERLU training ulang Tuh.
    Mestinya satu mekanik harus menangani motor yg sama (pentingnya database) sampai garansi selesai agar settingan tetap sama, karna beda rasa & gaya nyerpis.
    Pas kejadian waktu serpis ke-4. nex ku tarikannya agak lemot & ngorok seperti kebanyakan campuran udara daripada bensin. Topspet onspedo cuma 90kpl, padahal sebelum serpis ke-4 bisa 100kpl. Mau serpis sendiri takut masih garansi.
    Sensor standswitch NEX paling unik & nyeleneh, caranya pake kuping & rider jgn lupa ingatan. Mungkin pernya sengaja dibuat keras. Sebelum dengar bunyi “Bletak” artinya standar belum dilipat. xixiiii…
    Operal.. nex, tarikannya bagus, ringan & bensin irit. Mau nyari spakbor belakang yg sporty blm ketemu.

  10. pasukanlangit berkata:

    titan ane udah 13 bulan…hanya ganti filter oli aja ama oli..belum ada sparepart lain yang diganti

  11. lekdjie berkata:

    sugeng riyadi mbah um nick69
    :mrgreen:

  12. Sofyan Haryanto berkata:

    nex kalau jalan diatas 55kpj emang ada suara kayak sendat2 di mesin apa ya gan…

    • nick berkata:

      suara sendat2 maksudnya yg gimana mas..
      punya saya diatas 40kpj sampai gasful tidak ada bunyi apa2 mas.. paling cm suara akselerasi sperti pd motor umumnya..
      yg jelas ada suara asing cm 0-40kpj ada suara sperti siulan itu saja.
      🙂
      cb ditanyakan ke mekanik mas

  13. velanrynstef berkata:

    kenapa bukan pilih versi injeksi om?

  14. Bambang Tri berkata:

    Rasanya nyesal beli Nex : (tak sesuai iklannnya).
    sebagai bandingannya 2 produk matic honda yg masih sy pakai sekarang. (vario dan beat).

    Sy pake Nex sejak Juni 2012, Km sekarang : 6700, Sehari pemakaian PP : 95 Km.

    Nex Suzuki :

    1. Mesinnya lebih kasar. Saat berkendara speedo posisi 60 km/h, anda akan merasakan getaran mesin yg lumayan “hebat”. Getaran itu akan menghilang setelah speed diatas 60 km/h.

    2. Bensin sedikit lebih boros dibanding Beat. Pada rute yg sama (pulang-balik) sudah sy jalani hampir 3 tahun Nex lebih boros. Pake Beat diisi 2 Liter (premium), masih ada sisa bensin. Dgn Nex diisi 10.000 (premium), tak ada sisa.

    Kelebihan Nex : Pada speed tinggi diatas 70 km/h, tarikan oke, lebih stabil.

  15. doddy berkata:

    emang benar..ditemapat ane skrng musim tuh pake nex katanya irit banget,jadi penasaran..hehehe……gak kayak punya merek sayap katanya 75k/liter tenyata 30km/liter belom lagi suara klotok2 disok depannya, joknya keras banget…nyesal ane beli merek tetangga ketipu iklan…kalo di[pake keluar kota boros banget lagi..uda banyak yg bilang di blok2 yg lain kalo merek tetangga itu emang boros gak sesuai iklan katanya 75km/liter..

  16. nick berkata:

    Saya juga pernah pakai beat setahun mas.
    Saya merasakan perbedaan yg sangat mencolok antara keduanya.
    Saya merasa nex lbh mirip dgn vario soal kenyamanan saat dikendarai..
    Jog sama empuk dan shock jg sama empuk.
    Bedanya, nex lebih ringan dan lebih kencang buat topspeed.
    Kalo sampean berani geber habis, nanti tahu perbedaannya.

    Soal getaran hebat saat 60kph, jujur saya tidak merasakan.
    Rasanya sama saja sama beat atau mio saya dulu.
    Ada rasa gregel gregel pada matic saat melaju 60kph stable itu wajar, saya bisa merasakan pada smua matic yg pernah saya coba 😉

    Urusan bbm, hmm nex paling irit diantara jupiter z, mio, beat, titan.
    Gak tahu juga kenapa, mungkin nex beratnya ringan dan berat saya juga ringan, jadi tidak butuh tenaga extra.
    😉

  17. shogun110tromol berkata:

    terlihat asik diajak testdrive :mrgreen:

  18. bagi kisah berkata:

    Lagi cari motor matic paling ringan nih, thanks infonya.. Atau ada yg lebih ringan dr ini?

  19. Ika berkata:

    Gila nex paling irit poko’e,,,,tgl 9 isi bensin 10rb.Smpek skrang blum hilang sdkitpun bensinya,gila pkok’e

  20. phamz berkata:

    suzuki emamg mantab brooo….ane make FU dr taon 2009 blm ada Ɣªήğ ganti trmasuk busi…km uda dpt 39000….

    *ane beraliran jamaah standariah

  21. novi berkata:

    untuk suzuki nex bensin 1liter untuk brp km ya?

  22. harri berkata:

    Mantap bro, ane punya yang tuaan, Smash 2003 dan Spin 2009, masih nunggu sport 150cc-nya Suzuki yang gak kunjung muncul

  23. Amanda berkata:

    Five Advantages of Garcinia Cambogia

    Garcinia cambogia is one of the coolest weight loss items to-day. The herbal supplement is generating dunes within the diet marketplace, due to a support from many nourishment specialists. They illustrate the supplement as “a ground-breaking fat buster” and “a discovery in organic weight loss.”

    Garcinia cambogia could be the tiny, wrong fresh fruit of a exotic sapling that is native to Indonesia. The good fresh fruit is harvested for kitchen uses in Asia, India and Africa. Ayurvedic medication utilizes the extract for different remedies including stomach sores, weight loss and digestive dilemmas. Here are five more awesome benefits of Garcinia cambogia.

    Garcinia Cambogia is a Fat Blocker

    Hydroxycitric acid (HCA), a citric acid by-product, is the main ingredient in Garcinia cambogia extract. HCA hindrances fat by curbing the efforts of citrate lyase, an important metabolic chemical. This really is among the causes that Garcinia is so profitable as a weight loss supplement.

    Under usual circumstances, citrate lyase changes extra carbs and carbohydrates into triglycerides, cholesterol and fatty acids. What the body cannot use for vitality, the body stores as fat. Most people store this fat while in the middle, sides, legs and glutes.

    By stifling the metabolic rate, hydroxycitric acid slows the transformation of carbohydrates into fats. It permits stops fat storage. This can be one of the fundamental benefits of garcinia cambogia how long does it take to work
    .

    Garcinia Cambogia is an Appetite Suppressant

    An additional important factor of hydroxycitric acid is its ability to reduce the hunger. It will this in a few approaches, by improving serotonin levels in the torso. Serotonin can be an essential brain chemical that operates as being a neurotransmitter. It is in charge of several regulatory procedures that influence appetite and mood.

    Elevated quantities of serotonin promote weight loss by stopping the appetite and glucose hungers. That quality is still another important way that Garcinia cambogia supports weight loss.

    Increased serotonin degrees additionally boost feeling, and many anti-depressants imitate the consequences of serotonin. As panic and depression pulls ends, people are less likely to want to turn to food like a coping mechanism. That makes Garcinia cambogia specially great for emotional eaters.

    Garcinia Cambogia Boosts Metabolic rate

    Among the biggest benefits of Garcinia cambogia is the ability develop a more efficient metabolism. The is actually a sequence of chemical reactions that keep carefully the human anatomy in a constant state of discrepancy. HCA helps you to create the process better and balance these tendencies.

    Because of this, the body utilizes more energy than it requires in. This causes it to tap the fat stores for fuel. Garcinia cambogia retains excessive weight along and minimizes fat so garcinia cambogia for weight loss
    .

    Garcinia Cambogia Lessens Body Cholesterol

    As HCA halts the citrate lyase chemical from altering sugars into fats, it prevent fat generation and storage. At the same time, it reduces the amount of lipids within the system. It reduces production of terrible cholesterol and escalates the production of excellent cholesterol.

    Along with maintaining cholesterol under control, Garcinia cambogia also decreases blood pressure. Both cholesterol and blood pressure impact mood, heart-health and total well being.

    Garcinia Cambogia Increases Defense Function

    Lastly, Garcinia cambogia helps immune-system performance. Studies indicate that the supplement could improve the body’s response to attacks, illness and illness. This really is mainly due to the high-concentration of vitamin C in Garcinia cambogia
    good fresh fruit. The herbal supplement could also shorten the period of illness like the virus and common cold.

  24. ungupinky berkata:

    thanks mas, lagi galau milih motor nih. untuk si mungil dengan TB 145cm kayaknya cocok.

  25. kebandur berkata:

    Mau tanya mas, waktu mas coolrider beli harga berapa mas. Sebab ada yang nawarin nex baru tapi stok 2012. Terima kasih atas jawabanya. Perlu jawaban urgent

  26. logam mulia berkata:

    kebetulan lagi cari2 motor matic
    kynya tulisannya bisa jadi referensi
    terimakasih

  27. dede berkata:

    matic ini emang mantap gan, makanya ne beli satu buat bini.. =D

  28. narendrajunior berkata:

    Sama ane juga plih suzuki satria, dlu sempet punya rgr, buat review 2 motor itu ada di blogg ane

    Visit my blog : narendrajunior.wordpress.com

  29. Anonim berkata:

    Shogun bapakku dah hampir 10 tahun dari 2006 masih kaya baru

  30. detra berkata:

    aku pun begitu …. pancen oye …. mantab gan….

  31. rama berkata:

    SUZUKI = Mesin Ok, Body Ok, Suspensi Ok, Finishing Ok.

    Cuma kalah di marketing aja, padahal selama ane pake 4 Merk motor dari Y, H, K, S udah ane buktiin SUZUKI paling ok.

    Catatan Kecil buat yang mau pembuktian:

    Coba ente stel klep motor 4 tak dari ke 4 brand tersebut, cari TOP rata-rata dari lubang Magnet, tapi apa yg terjadi??? Ternyata dari 4 brand tersebut yg presisi posisi T magnet nya cuman suzuki, masa yang ke 3 brand lg gak presisi (buktiin deh). Makanya jangan aneh kalau brand H, Y kalau udah servis + stel klep malah drop orang top dan posisi cam nya ga pas. Jadi kalau mau cari top brand H, Y harus pakai manual colok obeng lg ya.

Tinggalkan komentar