ganti ban.. dari irc nr80 ke irc nr73

Posted: 23 September 2012 in Uncategorized

Alhamdulillah masih diberi kesehatan penjang umur sampai saat ini semoga juga para pembaca amin..
well ,sebelum mudik denpasar- magelang kemarin ,saya keliling kota denpasar mencari bengkel/toko ban yg mempunya alat modern, muter muter susah sekali menemukannya..
tadinya saya pasrah akan mengganti di tempat yg kurang profesional..,,di sana saya sempet menunggu orang yg juga sedang mengganti ban..
saya lihat lihat cara menggantinya,, wedyannn di congkel2 brad,, sampai velg cecel boncel gak karuan..
saya yakin ini staff kurang pengalaman,, tapi tidak ada salahnya kalo kita juga teliti.,, minimal memberi saran atau nasehat agar cara menggantinya di ganjal pake kain atau karet ban,, agar velg gak lecet lecet.. jangan pasrah bongkokan begitu saja.. eman eman tho???
yah karena caranya seperti itu saya pun pergi mencari tempat yg lain,, lagi pula ban incaran saya irc nr80 juga tidak tersedia disana..
setelah muter2 cukup lama Alhamdulillah nemu juga toko ban yg mempunyai alat modern.. tempatnya di jalan monang maning deket tiara..
tapi sayang juga ,ban irc nr 80 sedang kosong,, ya wiss yg penting masuk velg motor saya saja.. akhirnya saya memilih irc nr 73. dilihat dari judulnya seperti down grade, padahal sama saja.. bedanya cuma di ulir/ kembangan ban..
kalo dilihat dari ulir, nr80 lebih ke track kering, karena di tengah2 tidak ada garisnya.. kalo nr73 cocok dipakai baik track basah maupun kering..

nr80 masih cukup tebal

sebenarnya nr80 bawaan pabrik ini masih cukup tebal.. hanya saya tidak mau mengambil resiko,,karena bagian tepi ban sudah mengalami retak2..
kalo buat kota2 its ok lah..mungkin bisa bertahan 6 bulan lagi dengan penggunaan sewajarnya.. nr73 ini saya tebus dengan harga 130rb depan, dan 160rb belakang.. sama plek harganya dengan nr80.

ganti ke nr73.. pake alat modern, anti lecett

bagaimana efek setelah penggantian ini?
pasti ada, ya,, motor jadi susah di kendalikan wkkwkwkwkwkk:mrgreen:
mungkin saya harus beradaptasi dulu, karena nr73 ini terasa lebih tinggi dan besar setelah dipasang, otomatis handling juga berubah,, mau rebahan /manuver dadakan di tikungan jadi kagok..
biar jadi terbiasa,, saya reyen keliling kota.. tiap ada tikungan sepi sengaja saya beranikan diri rebahan,,,
ini bukan latihan buat balapan yah, tp biar gak kagok saja waktu buat jalan di daerah alas tabanan yg berliku2 jalannya.. ok sepertinya saya tidak lama beradaptasi/ cepet klop dengan ban baru ini..

jadinya terlihat agak besar dari nr80

Alhamdulillah,, nr73 ini sukses buat mudik pp denpasar magelang.. total kira kira 2000km.. (termasuk pp magelang-purwodadi juga)
tidak ada selip waktu rebahan,, tidak ada gejala goyang saat down shifting,, lewat jalan basah ditikungan juga cukup menggigit..
anyway apapun itu merknya yg penting ban bisa memberikan kenyamanan saat berkendara..
pesan saya,, jangan cuma memilih awetnya.. awet tapi licin sama saja bisa jadi bumerang..
kalo saya malah lebih memilih ban cepet habis tapi di aspal menggigit .. asal tidak boros boros biangett:mrgreen:

mungkin ada ban rekomendasi brad?

Komentar
  1. #99 bro. mengatakan:

    pertamina makmur..

  2. dhanicsetio mengatakan:

    rebahan kok di aspal?????kaassuurrrrrr enak

  3. at0zz mengatakan:

    gek seneng profil ban XX/90 seneng ban dengan profil xx/80

  4. Dr.Feelgood mengatakan:

    ban baru jos, ban lama dikemanain, xixixi……:mrgreen:

  5. indraaaa mengatakan:

    review jangka panjangnya gimana mas? gak licin? jalan kering & basahnya? mau ganti ban ini, minat sama nr73 juga soalnya. hehe..

    • Ridwan mengatakan:

      Motorku jupiter, depan belakang pake NR73 juga mas,, ban ini kendalanya cuma satu, ga mau dipompa terlalu keras,, depan 30 aja, dan belakang 35 (untuk boncengan yaa, kalau sendiri depan 29 belakang 33 sudah cukup). mau miring, lurus, rebahan,, ga ada gejala selip.. dh botak tengahnya mas (1,5 tahun mas), masih juoz (licin dikit kalau basah, kan aquaplaning)..

      Tapi lebih recommend NR82, ada di NJMX, ajib tenan, ku mau ganti nih,,

    • UlleN mengatakan:

      IRC NR73(front)/NR80(rear) mantap punya di saat hujan badai maupun kering…
      tadi ane udah coba hard braking rem blakang meskipun ampe ngepot pantat ane ampe miring ke kiri tapi tetep terkendali

  6. Slow_down mengatakan:

    kalo irc sih yg paling sipp Nr69 standaran Jupiter atau Vega.
    itu ban paling recomended disgala medan.
    tapi sayangnya memang bentuknya terlalu standaran.

Tinggalkan Balasan

