mempercepat waktu dengan konsisten

Posted: 4 Maret 2013 in Uncategorized

Alhamdulillah masih diberi kesehatan dan kesempatan menulis. Kali ini saya akan menulis tentang konsisten saat ‘touring jarak jauh’. Tulisan ini tidak bermaksud agar pengendara selalu ngebut.. Prinsip tetap yang penting selamat sampai tujuan.
Tapi konsistensi saat riding jarak jauh bagi saya adalah suatu hal yang penting. Konsisten dalam hal ini maksudnya, tidak seenaknya menikmati perjalanan. (Kadang gasfull, kadang pelan buanget, kadang istirahat sampai 1jam dll) Karena, ada daerah tertentu yang patut di waspadai saat riding malam/ riding sendirian, juga untuk menjaga kondisi tubuh agar power tidak drop diperjalanan.
Intinya harus pandai pandai mengatur waktu.

Sebagai contoh.
Lari 120kpj, sudah melaju kencang, tapi baru jarak 60km sudah istirahat. hampir 1jam pula.
Begitu seterusnya sampai istirahat berkali kali.

Efeknya?
-capek keburu kerasa numpuk2.
-menghabiskan uang jajan karena sering mampir warung lesehan. -boros bbm.
-menghabiskan tenaga karena konsen ngebut.

Memang istirahat itu penting, tapi tidak harus berkali kali. bagi saya riding yang terlalu banyak istirahat malah bikin capek, perjalanan tidak sampai sampai seakan akan jalan tidak ada habisnya.

Touring versi saya adalah.
-Istirahat 120km pertama.
Cukup 15-30 menit.
Minum air putih yang banyak.
Tetes mata pake obat tetes mata.

-Yang kedua 400km.
Kali ini harus istirahat dengan sesekali memejamkan mata.
banyak minum air putih.
Minum kopi pahit juga bagus untuk menambah doping mata.
Obat tetes mata.

-yang ketiga 600km.
istirahat,tidur sejenak sambil siaga.
makan buah apel sebagai anti oksidan atau jeruk untuk melancarkan darah, biar wajah tidak pucat.
makan nasi juga,
Tidak minum teh anget terlalu banyak, karna bisa muntah.
Obat tetes mata.

-yang ke empat, dari 600km sampai tujuan 750km tanpa istirahat.

Dan selama puluhan kali saya touring a.k.a.p 750km selalu konsisten di 16jam. Pernah sekali ikut rombongan, sampai menginap dengan jarak yang sama menghabiskan waktu sekitar 45jam.

Ada pengalaman touring dengan banyak istirahat?

#Tulisan ini tidak memaksa, bagi yang pengen enjoy silahkan.πŸ˜‰

Komentar
  1. Yoshi mengatakan:

    sip, nyantai aja ridingnya

  2. nbsusanto mengatakan:

    berarti sekitar 200 km sekali istirahatnya yo mas?pas isi bensin per 200 km itu mas?nice shareπŸ™‚

    • nick69coolrider mengatakan:

      Kurang lebih,
      Tulisan diatas tidak termasuk nge-pom, karena memang tidak bener2 istirahat sampai tiduran di mushola.
      Jika ingin sholat bisa di masjid di tepi jalan..(biasa saya jamak dzuhur -ashar)
      Jika timingnya tepat di spbu ya sholat di mushola spbu skalian.
      Air wudhu menghilangkan capek ,mengembalikan semangat.
      Sip thanks mas

  3. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    Mantaabbbb sesuk nek mudik numpak motor ta jajale, biasane si jarak tempuh JKT-Banyumas -+460km aku tempuh 8 jam .. istirahat pertama Cirebon, kedua sekedarnya di Brebes … samapi rumah, di perjalanan sering berhenti tp paling 10 menitlah

  4. Dr.Feelgood mengatakan:

    wah kang, salut dah. 120km aja ane jarang untuk tidak istirahat berkali2 kang hehe. benar juga kang, terlalu nyanti bikin cepat pegal, terlalu kencang, energi malah cepat terkuras pula lewat daya konsentrasi yang harus selalu sigap.πŸ˜€

    btw itu ko fotonya yg satu lagi titannya ada cakram belakangnya kang.

  5. Maskur mengatakan:

    terakhir Cilacap – jogja, leren neng bantul… mbuh pirang Km

  6. djkh mengatakan:

    tergantung jenis motor yg d bawa juga.. klo bawa ninja zx series kyknya tiap 3 jam jg harus rest tuh..πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s