ganti oli matic.. coba test enduro matic

Posted: 6 Oktober 2012 in Uncategorized

well.. lanjut menulis lagi..
pada awal oktober kemarin the white flash (nex) saya, sudah waktunya servis pertama, meskipun baru menempuh jarak 400km, tapi its ok lah..
dari oli bawaan suzuki ternyata oli gratis yg diberikan bersertifikasi jaso ma, padahal untuk matic itu seharusnya jaso mb..
saya tanya tanya pakar dan mekanik, ternyata mereka bilang tidak apa2, meskipun begitu saya tetap tidak setuju (meskipun saya tidak ngerti mesin sama sekali)

oli bebek 20w-50, kental banget.

alhasil, tarikan matic ini jadi berat..
mesin jadi panas dan bensin jadi boros..
jelas, setahu saya kinerja mesin matic itu lebih tinggi di banding bebek, karena selalu losss seperti tanpa limiter… jika menggunakan oli spek kental akan terasa banget akibatnya..

ganti enduro matic.

setelah saya ganti enduro, 10w-30.., tarikan jadi ringan banget.. seperti ayam yg terlepas dari kurungan berbulan2… juga bensin jadi lebih irit.. karena tarikan tidak memaksa.. tapi meskipun begitu, ada juga kekurangannya

test enduro matic
kelebihan
-tarikan ringan
-bbm jadi irit
-mesin tidak terlalu panas

kekurangan
-suara mesin kasar
-tiap dingin sperti susah di starter
-putaran atas tidak maksimal

tidak ada yg sempurna memang..
semua tersedia untuk dipilih..
next time, saya akan mencoba yg lain.. siapa tahu cocok dengan apa yg saya inginkan ;) Sent from my iPhone

Komentar
  1. comreng mengatakan:

    joss.. enduro matic jaso mb api SL with molybdenum sangat VALUE !

  2. si Oom! mengatakan:

    ya, bonus wangi juga loh :mrgreen:

  3. Maskur mengatakan:

    ana gratisan sgo matic wingi

  4. Om Puns mengatakan:

    ada kok bro yg oli khusus matic dr suzuki, yg botol kuning, dulu langganan itu bwt spin, larinya enak..cm…. agak mahal,disini 43rebu dan isinya 1 ltr ….

    ( waw…. enak ya naek nex ?? xixixixixiii….. )

    http://ompuns.wordpress.com/2012/09/30/happy-bday-bundaaa/

  5. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    Aku malah pakai enduro racing di skydrive *ratakon

  6. Polenk Merkesenk mengatakan:

    @triyanto: podo skydrive ku biasa pake enduro racing tarikan enteng. Wingi gratisan oli SGO tarikan agak gmn gtu :D

  7. Tatang Suwanto mengatakan:

    yg bner enduro matic apa enduro racing c bro smua? ane ksengsem ni pgn nyobain buat spacy fi ane yg dah mw lulus kpb..

    • Dr.Feelgood mengatakan:

      Enduro 4T Matic = Khusus motor matic, dan Enduro 4T Racing = Khusus motor tipe kopling basah (motor Bebek dan motor semprot gan hehe). untuk Honda Spacy pakenya Enduro 4t Matic gan. oli ini cocok untuk semua motor matic. dicoba dulu 1 kali, baru deh rasakan perbedaannya.

  8. Dr.Feelgood mengatakan:

    itumah mekaniknya kurang pinter kang, mosok oli bebek boleh pake oli matic xixixixi……… :mrgreen:

  9. NRP mengatakan:

    prasaan matic itu gpp pake oli apa aja. pake oli mobil juga bisa.

    cz bukan tipe kopling basah.

    • bjk_kds mengatakan:

      yap.. saya baca2 juga gitu.. soalnya matic kopling gak kena oli, jadi gak terlalu pengaruh,
      kalo bebek manual pake oli matic baru gak boleh, koplingnya bakal licin… hehe

Berikan Balasan

